Cermin

Pertanyaan

bagaimanakah penempatan cermin untuk feng shui yang baik dan benar? Dan apakah sebenarnya manfaat dari cermin yang dipasang di bagia rumah? Saya pernah mendengar dari seorang teman yang mengatakan bahwa penempatan cermin yang salah menurut ilmu feng shui dianggap dapat membuat pemilik rumah dan juga penghuni menjadi kurang beruntung dari segi kekayaan dan juga kesehatan. Benarkah anggapan tersebut?

 Jawaban

Memang di dalam ilmu filsafat yang berasal dari daratan Cina kuno ini cermin bukanlah sekedar sebagai penghias ruangan yang hanya difungsikan untuk merefleksikan diri atau berdandan. Cermin dapat digunakan untuk menangkap aliran energi chi yang positif dan menyebarkannya ke seluruh ruangan rumah. Sebaliknya penempatan cermin yang buruk juga mampu memperangkap energi negatif dan dipancarkan oleh cermin ke ruangan lain. Dan menurut anggapan fengshui hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik, mental dan juga jiwa para penghuni rumah. Lalu apa yang harus Anda lakukan dengan penempatan cermin tersebut? Dimanakah seharusnya cermin dipasang?

 

Prinsip pertama dalam penggunaan cermin untuk fengshui adalah cermin tersebut harus mampu merefleksikan hal yang indah dan menawan. Sesuatu yang indah dan menawan menurut ilmu fengshui dianggap sebagai suatu hal yang bernilai positif. Dengan demikian akan memberikan efek positif bagi pemilik rumah. Untuk memberikan energi positif yang menguntungkan, tempatkanlah hiasan yang indah di seberang cermin seperti misalnya lukisan, patung atau bunga yang cantik agar dapat terefleksi pada pantulan cermin. Sebaliknya jangan pernah memasang cermin di bagian yang bernilai negatif seperti cermin yang menghadap jalan raya yang sibuk karena jalan raya yang sibuk bersifat negatif menurut feng shui.

Bagaimana dengan bentuk dan ukuran cermin yang harus dipilih? Untuk bentuk cermin, yang paling dianjurkan adalah yang memiliki bentuk simetris dan beraturan seperti persegi panjang, segi delapan ataupun bulat. Cermin berbentuk bulat dianggap sebagai lambang kesatuan yang utuh. Sedangkan cermin yang berbentuk persegi delapan dianggap sebagai lambang kekuatan dan cermin berbentuk persegi ataupun persegi panjang mampu digunakan untuk memberi lambang keseimbangan. Untuk ukuran sebaiknya pilih dalam bentuk yang tidak terlampau besar dan juga tidak terlampau kecil agar menciptakan keseimbangan atas benda yang nantinya direfleksikan.

 

Pastikan pula cermin untuk feng shui yang Anda pasang tersebut tidak retak dan juga tidak kotor agar tidak terjadi distorsi dari bayangan yang direfleksikannya. Distorsi bayangan dari cermin yang retak atau kotor dianggap memberi efek negatif karena tidak secara nyata merefleksikan bayangan secara penuh. Dan yang terakhir, karena cermin bukan hanya sekedar hiasan, letakkan cermin pada sisi kanan atau kiri dinding rumah dan jangan berhadapan langsung dengan jendela atau pintu agar energi chi positif yang masuk rumah tidak dipantulkan kembali ke luar. Akan lebih tepat jika cermin diletakkan berdekatan dengan benda yang memiliki unsur api agar dapat diseimbangkan dengan unsur kaca yang dianggap sebagai unsur air dan tidak memanaskan rumah.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *